Hadist tentang Jibril Mengajarkan Iman, Ihsan, Hari Kiamat

INICARAMUSLIM - Inilah Hadist tentang kedatangan Malaikat Jibril mengajarkan Iman, Ihsan, dan menerangkan tentang Hari Kiamat di hadapan Rasulllah SAW dan sahabat. Jibril datang dengan berwujud manusia. Pada mulanya, para sahabat bertanya-tanya, siapa gerangan sosok manusia yang datang menjumpai Nabi Muhammad SWT. Perangainya menunjukkan seakan ia serba tahu segalanya. Rasulullah pun begitu tanggap menjawab segala pertanyaannya. Dalam keadaan heran, penasaran, dan takjub, sahabat pun ikut mendengarkan percakapan antara Rasullah dengan laki-laki misterius itu. Namun, di akhir hadist terjawab sudah bahwa laki-laki yang menemui Rasulullah SAW tersebut adalah Malaikat Jibril. Mari kita simak kisah selengkapnya berikut ini:

Umar bin Alkhaththab RA berkata: Ketika kami duduk di sisi Nabi SAW pada suatu hari tiba-tiba datang seorang laki-laki yang sangat putih pakaiannya, sangat hitam rambutnya, tidak terlihat padanya bekas bepergian, dan tiada seorangpun diantara kami yang mengenalnya, lalu duduk di dekat Nabi SAW dan merapatkan lututnya ke lutut Nabi SAW lalu meletakkan kedua tangannya di atas pahanya, kemudian bertanya : Ya Muhammad beritakan padaku Islam.

Jawab Nabi SAW, Islam itu:

1. Percaya bahwa tiada Tuhan kecuali Allah, dan bahwa nabi Muhammad utusan Allah.
2. Mendirikan sembahyang.
3. Mengeluarkan zakat.
4. Puasa bulan Ramadhan.
5. Pergi hajji ke Baitullah jika kuasa perjalanannya.

Sumber : Pixabay

Berkatalah orang itu : Benar engkau. Umar berkata : Kami merasa heran ia bertanya tetapi ia membenarkan seakan-­akan ia telah mengetahui. Lalu ia bertanya pula: Beritakan padaku tentang iman?

Jawab Nabi SAW : Iman ialah percaya pada Allah, dan MalaikatNya, dan kitab-kitabNya, dan nabi-nabi utusanNya, dan hari kemudian (kiamat), dan percaya pada ketentuan takdir yang baik dan buruk (dari Allah ta'ala).

la berkata : Benar engkau. Maka beritakan padaku tentang lhsan?

Jawab Nabi s.a.w lhsan jika engkau menyembah kepada Allah seakan-akan melihatNya, maka jika tidak dapat melihatNya, ketahuilah bahwa Allah melihat engkau.

la berkata: Beritakan padaku bilakah hari kiamat?

Jawab Nabi SAW: Yang ditanya tentang hari kiamat itu tidak lebih mengetahui dari yang bertanya.

Lalu ia berkata: Beritakan padaku tanda-tanda­nya?

Jawab Nabi SAW: Jika ibu (budak) telah melahirkan majikannya (yakni ibu sudah dianggap sebagai budak oleh anak), dan orang-orang telah biasa telanjang kaki dan pakai­an, yang bagaikan telanjang dan biasa miskin, penggembala kambing tiba-tiba berlomba-lomba membangun gedung. Kemudian ia pergi.

Umar berkata: Maka aku tinggal tercengang (terdiam sejenak), kemudian Nabi SAW berkata: Hai Umar tahukah engkau siapakah penanya tadi itu? Jawabku : Allah dan Rasulullah yang lebih mengetahui. Maka sabda Nabi SAW: itu malaikat Jibril datang kepada kamu untuk mengajarkan agamamu. (H.R. Muslim)

Renungan

Yang menarik bagi penulis untuk komentari yaitu tentang datangnya hari kiamat. Sepertinya ciri-ciri yang disampaikan oleh malaikat Jibril dalam hadist di atas sudah banyak terjadi. Saat ini, tidak sedikit anak telah memperbudak ibunya. Selain itu, ciri berikutnya yang berhubungan dengan menutup aurat juga telah umum ditampakkan oleh zaman. Tidak sulit menemukan wanita-wanita yang berjalan di tempat umum tanpa benar-benar menutup aurat. Menampakkan yang tidak seharusnya ditampakkan telah menjadi gaya hidup tanpa meyakini bahwa perbuatan tersebut adalah bagian dari dosa sekaligus merupakan salah satu ciri semakin dekatnya hari kiamat.

Ciri berikutnya yaitu penggembala kambing membangun gedung. Tentu saja, penggembala kambing hanyalah representasi dari semua jenis profesi. Ini bisa dimaknai bahwa di akhir zaman, semua manusia bumi telah berlomba-lomba meninggikan bangunan. Ini pun tidak sulit kita temui, khususnya di kota-kota.

Jika ciri-ciri datangnya hari kiamat ini telah nampak di kehidupan kita, sudahkah kita siap menghadapinya? apakah kita telah yakin amal-amal kita miliki telah cukup menjadi bekal menuju fase kehidupan abadi di alam akhirat? Jika ya, alhamdulillah. Namun, jika belum, sepertinya kita harus menyegerakan. Pesan yang dikutip dari petuah Aa Gym yaitu 3M : Mulai dari hal kecil, Mulai dari saat ini, Mulai dari diri sendiri. Semoga pesan hadist tentang iman, ihsan, dan hari kiamat ini menggugah diri kita semakin baik dan lebih taat terhadap perintah Allah SWT dan semakin mantap dalam menjauhi segala larangan-laranganNya.

0 Response to "Hadist tentang Jibril Mengajarkan Iman, Ihsan, Hari Kiamat "

Post a Comment